12 Jembatan Terunik Di Dunia


Jembatan Suramadu, Indonesia
12. JEMBATAN SURAMADU

Jembatan Suramadu ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia, setidaknya saat ini, karena mempunyai panjang 5.438 m. Yang unik dari jembatan Suramadu ialah adanya tiga bagian yang membagi jembatan ini, yakni jembatan penghubung (approach bridge), jembatan utama (main bridge) dan jembatan layang (causeway)
Tujuan utama dari dibangunnya jembatan Suramadu ialah
untuk mempercepat prosespembangunan di wilayah pulau Madura, yakni pembangunan pada bidang ekonomi dan infrastruktu di Madura, yang cukup tertinggal jika dibandingkan kawasan lain di JawaTimur. Dan biaya untuk pembangunan jembatan Suramadu menghabiskan biaya kira-kira 4.5 triliun rupiah.
Ada 3 sisi yang digunakan dalam membangun jembatan Suramadu ini, yakni dari sisiSurabaya dan sisi bangkalan Madura. Selain itu, saat yang sama juga dibangun jembatan bentang tengah untuk membangun dari main bridge dan approach bridge.


11. The Verrazano-Narrows Bridge

Dinamai dengan nama penjelajah Italia terkenal “Giovanni de Verrazano”, jembatan ini memiliki menara tinggi 693 kaki dan memiliki rentang pusat 4.260 kaki (1.298 m). Dibangun pada tahun 1964 sampai 1981, adalah jembatan gantung terbesar di dunia. Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan State Island dan telah memainkan peranan penting dalam pembangunan kawasan Big Apple tersebut.


10. Le Point De Normainde

Le Point De Normainde
Jembatan ini berlokasi di Prancis. Panjang’a 2.800 kaki dengan tinggi 165 m di atas permukaan air atas Sungai Siene. Pada saat selesai, biaya konstruksi mencapai 465 juta dolar.








9. Penang Bridge

Penang Bridge
Selain terkenal dengan Petronas Tower nya yang tergolong bangunan tertinggi di dunia, Malaysia membanggakan Jembatan Penang( orang setempat menamainya Jembatan Pulau Penang) sebagai satu dari kehebatan bangunan struktur nasional Malaysia. Dianggap sebagai jembatan terpanjang ketiga di dunia, Jembatan Penang berdiri 8.4 km di atas air, memiliki empat menara di midspan beridiri 101.5 m dan membentang 13.5 km dari Seberang Perai di daratan Malaysia sampai Gelugor di Pulau Penang. Butuh waktu 40 tahun sejak awal konsepsi sampai terwujud dan secara resmi dibuka pada tahun 1985. Sekarang jembatan itu melayani lebih dari 70.000 orang per hari dan tetap menjadi sumber kebanggaan bagi Malaysia.
8. Tatara Bridge

Tatara Bridge
Sekarang giliran Jepang. Jembatan Tatara yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel di dunia. Memiliki ketinggian 220 m( sampai menara baja ) dan memiliki pusat rentangan 890 m. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibangun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan


7. The Golden Gate Bridge

The Golden Gate Bridge
Jembatan gantung elegan ini telah muncul dalam berbagai novel, pertunjukkan, film-film hollywood. Memiliki ketinggian 227.4 m dan menghubungkan kota San Fransisco dan kota Marin Country. Meskipun menghadapi reaksi keras dan tuntutan hukum, konstruksi jembatan selesai pada tahun 1937. Ini difasilitasi laju pertumbuhan ekonomi di kota dan di daerah sekitarnya. Arsitektur dan kemegahannya telah melekat dihati semua orang, tidak hanya warga setempat, Amerika, tapi semua orang di dunia.

6. The Great Belt Fixed Link

The Great Belt Fixed Link
Jembatan ini adalah jemabtan tertinggi di Eropa dan menghubungkan Zealand dan pulau-pulau Funen di Great Belt Denmark. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jalan, sebuah trowongan kereta api dan sebuah kotak kayu palang jembatan. Istilah “Jembatan Sabuk Besar” biasanya tergolong ke jembatan gantung. Seperti dalam kasus pembangunan majorbridges lainnya, pembangunannya telah membuka jalan bagi usaha yang lebih baik di daerah. Jembatan ini merupakan milik Denmark dengan budjet termahal dalam sejarah, yaitu DKK 21.4 Miliar(kurs Indonesianya berapa th gan?)

5. New River Gorge Bridge

New River Gorge Bridge
Jembatan besar lain di Amerika adalah New River Gorge Bridge. Berketinggian 267 m diatas sebuah sungai yg bernama New River. Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika.The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Prancis, jembatan ini sekarang dipakai juga untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette country festival.


4. Akashi-Kaiky Bridge

Akashi-Kaiky Bridge
Ketinggiannya 298,3 m, terbentang diatas Selat Akashi dan menghunbungkan kota Kobe di pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, ini adalah jembatan terpanjang di dunia kategori jembatan gantung, dengan rentang pusat 1.991 m.





3. Royal Gorge Bridge

Royal Gorge Bridge
Jembatan ini berketinggian 321 m di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia. Terletak dekat Canon City, Colorado. Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 m, lebar 5 m, dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 m. Jembatan ini telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata.



2. Jembatan Banpo

Jembatan Banpo
Jembatan Banpo melintas sepanjang Sungai Han di Seoul. Jembatan ikon ibukota Korea ini, juga di beri kehidupan baru dengan penambahan air mancur yang sangat menarik, khusus dirancang untuk menarik lebih banyak wisatawan. Air mancur di Jembatan Banpo telah diinstal pada 9 September, sejak menjadi jembatan wisata. Banpo Bridge, telah berubah menjadi daya tarik wisata. Setiap menit 190 ton air memancar melalui hampir 10.000 nozel (lebih tepatnya 9, 380) di kedua sisi jembatan. Menurut Wali Kota Seoul, Oh Se-Hoon, jembatan air mancur akan membantu mengakui Seoul sebagai tujuan ramah lingkungan yang mengumpulkan lebih banyak wisatawan.

1. Millau Viaduct

Millau Viaduct
Berada pada ketinggian 343 Meter dan dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di dunia, berada di Perancis, jembatan ini sangat mengesankan bahkan bila di ukur ketinggiannya hampir sedikit menyamai Empire State Building, memiliki struktur yang sangat kokoh dan mengagumkan bahkan pernah masuk dalam Channel National Geographic dalam edisi “Megastructure”, di resmikan oleh Presiden Perancis Jacques Chirac dan telah menjadi kebanggaan bagi negara Perancis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Jembatan Terunik Di Dunia"

Post a Comment