Kesamaan vs Keadilan

Kalian pasti sering mendengar kata "sama" dan "adil" bukan? Beberapa orang masih menganggap makna kata tersebut tidak ada bedanya. Namun tahukah anda bahwa kesamaan bukan berarti keadilan? Istilah kesamaan berasal dari kata "sama" yang berarti tidak ada yang berbeda. Sedangkan keadilan berasal dari kata "adil" yang berarti tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, sepatutnya, tidak sewenang-wenang. Berdasarkan definisi tersebut kedua kata jelas memiliki arti yang berbeda, arti kata "sama" mengabaikan adanya unsur-unsur lain ibarat matematika 1 sama dengan 1. Sedangkan arti kata "adil" lebih memperhatikan adanya unsur-unsur lain ibarat matematika 1 sama dengan 3.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari kesamaan dan keadilan. Namun sudahkah kita dapat membedakan keduanya? Contoh: Seorang anak kelas 12 SMK bernama Guplo memiliki adik bernama Kartisem yang masih kelas 5 SD. Suatu ketika kedua orang tuanya memberikan uang saku kepada kedua anak tersebut masing-masing sebesar Rp 10.000,00. Guplo berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor dan adiknya di antar oleh Ibunya menggunakan sepeda. Ketika di sekolah, Guplo menggunakan uangnya untuk membayar fotocopy dan jilid sebesar Rp 5.000,00 kemudian membeli jajan di kantin sebesar Rp 3.000,00 dan sisa uangnya dibelikan sebuah ballpoint sebesar Rp 2.000,00. Namun Guplo masih belum bisa membayar uang kas kelas dan iuran ekstrakurikuler karena uang sakunya telah habis. Sedangkan Kartisem menggunakan uangnya untuk membeli jajan sebesar Rp 2.000,00 dan membeli mainan sebesar Rp 3.000,00 kemudian sisa uangnya dibelikan buku sebesar Rp 5.000,00. Semua kebutuhan Kartisem pada hari tersebut sudah terpenuhi dengan uang sakunya. Dengan uang saku yang sama kedua anak tersebut dapat membelanjakan uangnya untuk keperluannya masing-masing namun Guplo masih ada keperluan yang belum terbayarkan. Uangnya sama-sama habis namun Guplo masih membutuhkan tambahan uang. Disini orang tua Guplo dan Kartisem menerapkan kesamaan bukan keadilan. Seharusnya dengan kebutuhan kedua anaknya yang berbeda, uang sakunya pun harus disesuaikan dengan kebutuhannya agar bisa disebut adil.

Itulah sekilas tentang perbedaan Kesamaan dan Keadilan. Keadilan bukan berarti memberikan jumlah yang sama tapi memberikan sesuai dengan yang dibutuhkan orang tersebut. Dunia yang memperlakukan anda secara tidak adil bukan alasan untuk memperlakukan mereka dengan tidak adil juga, tapi itu adalah alasan untuk berperilaku adil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesamaan vs Keadilan"

Post a Comment